By : Nia Hotimah, S.Si.,M.Pd

KAKOSAMATO

(Karantina Kompetisi Sains SMA Negeri 1 Torjun)

                SMA Negeri 1 Torjun berada di kabupaten Sampang tepatnya di desa Torjun Kecamatan Torjun, dimana siswanya kebanyakan masih berasal dari desa yang cukup jauh jaraknya dari SMA Negeri 1 Torjun. Sehingga mempengaruhi minat belajar siswa dimana para guru harus benar-benar menggali potensi yang ada pada siswa tersebut guna mendapatkan bibit unggul dalam mengikuti ajang kompetisi sains nasional.

                 Kompetisi Sains Nasional Yang disingkat dengan KSN merupakan ajang kompetisi di bidang sains untuk tingkat SMA. Kompetisi ini yang dua tahun sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional atau yang di singkat dengan OSN. Ada sembilan bidang mata pelajaran yang di lombakan antara lain adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Astronomi, Kebumian dan TIK. Dalam kompetisi ini dilakukan pertingkat yaitu dari seleksi sekolah, seleksi kabupaten, seleksi provinsi, seleksi Nasional dan seleksi Internasional.

                 Dalam kompetisi sains nasional ini SMA Negeri 1 Torjun mencoba terobosan baru untuk meraih prestasi yang maksimal didalam ajang kompetisi sains nasional dengan cara mengkarantina peserta kompetisi sains nasional yang di singkat dengan KAKOSAMATO (Karantina Kompetisi Sains Nasional SMA Negeri 1 Torjun)  selama 3 bulan mendekati ajang kompetisi sains nasional di lombakan. Namun di masa Pandemi COVID-19 ini dilakukan dengan daring dan tatap muka. Pada tahun 2019 setelah seleksi sekolah selesai dilaksanakan maka peserta KSN mulai dibimbing dan di latih seminggu dua kali dalam bentuk ektrakurikuler di semester ganjil, namun di semester genap peserta KSN akan dikarantina selama 3 bulan sampai lomba KSN di laksanakan. Tahun 2020 dan 2021 karena adanya pandemic COVID-19 maka KSN di SMA Negeri 1 Torjun dilaksanakan dengan dua cara yaitu Daring dan Tatap Muka.

            Adapun Tujuan SMA Negeri 1 Torjun Mengkarantina peserta KSN antara lain adalah :

  1. Agar para peserta KSN fokus pada persiapan KSN
  2. Agar para peserta KSN dapat memaksimalkan dalam belajarnya
  3. Agar para peserta KSN memberikan yang terbaik untuk sekolah

Rancang bangun dan pokok perubahan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Torjun untuk meningkatkan prestasi di kompetisi sains dengan dibentuknya bimbingan sebagai ektrakurikuler dan mengkarantina peserta Kompetesi Sains Nasional

Adapun Langkah Tahapan yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Torjun antara lain:

  1. Dengan bantuan para wali kelas melakukan pendekatan kepada  siswanya agar mau mengikuti ajang KSN
  2. Dengan bantuan para guru pengajar menjaring minat para siswa untuk mengikuti salah satu mata pelajaran yang di lombakan dalam KSN
  3. Melalui seleksi sekolah diharapkan mendapatkan calon peserta KSN sebanyak 5 orang tiap-tiap mata pelajaran yang di lombakan
  4. Dengan didapatkan masing-masing 5 peserta KSN tingkat sekolah akan dibimbing dan latihan selama 2 bulan sebagai ekstrakuikuler untuk diseleksi kembali guna mendapatkan 3 peserta KSN yang akan di ikut lombakan ke tingkat kabupaten.
  5. Setelah mendapatkan 3 peserta KSN tersebut maka peserta tersebut akan di karantina selama 3 bulan sampai waktu KSN tingkat kabupaten di lombakan.

Adapun Waktu Pelaksanaan yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Torjun yaitu :

  • Seleksi KSN yang dilakukan di sekolah adalah di bulan Agustus 2019 semester ganjil, setelah seleksi selesai maka peserta KSN di bombing dan dilatih setiap 2 minggu sekali sebagai ekstrakurikuler.
  • Di semester genap yaitu tahun 2020 peserta tersebut di karantina selama 3 bulan dari Januari sampai menjelang lomba KSN.
  • Di tahun 2019 dan 2020 pelaksanaan KSN masih dilakukan secara manual yang dipusatkan di satu tepat, namun untuk tahun 2021 KSN sudah dilakukan secara Online secara serentak

                     Dengan adanya program karantina ini sangat bermanfaat, karena  SMA Negeri 1 Torjun setiap tahunnya dapat menjuarai KSN tingkat kabupaten dan menjadi wakil ke tingkat provinsi, yaitu:

Tahun 2020 SMA Negeri 1 Torjun mendapatkan Juara:

  1. Juara I KSN Geografi
  2. Juara I KSN Kebumian
  3. Juara II KSN Biologi

Tahun 2021 SMA Negeri 1 mendapatkan Juara :

  1. Juara I KSN Geografi
  2. Juara I KSN TIK
  3. Juara III KSN Kebumian

Walaupun hanya bertahan di 3 mata pelajaran SMA Negeri 1 Torjun tetap berharap dan berusaha semaksimal mungkin bisa menjuarai 9 mata pelajaran di tingkat kabupaten dan masih berusaha menjadi yang lebih baik lagi dalam mewakili KSN kabupaten ke tingkat propinsi, tingkat Nasional dan tingkat Internasional.

  1. DAFTAR RUJUKAN
  2. LAMPIRAN
  1. SK Kepala Sekolah tentang Pembimbing KSN 2 Tahun terakhir
  2. Sertifikat Juara KSN 2 Tahun terakhir
  3. Dokumentasi persiapan KSN